Cek Alokasi Kebutuhan atau Formasi CPNS Kemendagri 2023

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah resmi membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 20 orang formasi asisten ahli-dosen. Jabatan tersebut memiliki kualifikasi pendidikan magister terapan atau strata 2 (S-2).

Shilvina Widi

Sep 24, 2023 - 10:00 AM

Data

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah resmi membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2023. Proses seleksi tersebut telah resmi dibuka pada 20 September 2023 hingga 9 Oktober 2023.

Melansir dari laman resminya, alokasi kebutuhan CPNS Kemendagri 2023 sebanyak 20 orang untuk jabatan asisten ahli-dosen dengan delapan kelompok kualifikasi pendidikan yang berbeda. Jumlah tersebut terdiri dari 16 formasi umum, dua formasi lulusan terbaik (cumlaude), satu formasi disabilitas, dan satu formasi putra/putri papua.

Ditinjau dari kualifikasi pendidikannya, jabatan asisten ahli-dosen dari strata 2 (S-2) berbagai keilmuan seperti S-2 Hukum, S-2 Hukum dan Pembangunan, S-2 Hukum Agraria dan Pertanahan, S-2 Hukum Publik sebanyak tiga formasi. Dengan rincian, formasi umum satu orang, cumlaude satu orang, dan satu orang putra/putri papua.

Kemudian, alokasi asisten ahli-dosen dengan kelulusan S-2 Ilmu Akuntansi sebesar dua formasi. Rinciannya, satu formasi umum dan satu formasi cumlaude.

Begitu pula, jabatan asisten ahli dosen dengan kualifikasi S-2 Statistika Terapan sebanyak tiga orang. Posisi tersebut hanya membuka lowongan dengan jalur umum sebesar 3 formasi.

Selanjutnya, alokasi kebutuhan untuk pelamar yang menyandang gelar keilmuan dari S-2 Manajemen Bencana atau S-2 Mitigasi Bencana dapat melamar sebagai asisten ahli-dosen sebesar dua formasi. Kebutuhan tersebut dibuka untuk jalur umum sebesar dua formasi.

Lalu, jumlah kebutuhan untuk jabatan asisten ahli-dosen dari pendaftar dengan kualifikasi pendidikan dari S-2 Inovasi Sistem dan Teknologi, Magister Terapan Rekayasa Teknologi Informasi sebanyak tiga formasi. Jabatan tersebut dialokasikan untuk jalur umum sebesar tiga orang.

Untuk kualifikasi jabatan asisten ahli-dosen yang berasal dari S-2 Bahasa Inggris sebesar tiga formasi. Rincian jabatan tersebut adalah formasi umum sebanyak dua orang dan formasi penyandang disabilitas sebesar satu formasi.

Ada pula, jumlah kebutuhan untuk asisten ahli-dosen dengan kualifikasi pendidikan S-2 Pendidikan Teknologi Informasi, S-2 Pendidikan Digital sebesar dua formasi. Kebutuhan tersebut memiliki jumlah formasi umum sebanyak dua orang.

Adapun, alokasi kebutuhan untuk asisten ahli-dosen dengan kualifikasi pendidikan Magister Terapan Rekayasa Keselamatan dan Resiko mencapai dua orang. Posisi tersebut ditetapkan dua formasi umum.

Berikut rincian jumlah kebutuhan CPNS Kemendagri tahun 2023:

A. Asisten Ahli-Dosen: 3 formasi

Kualifikasi Pendidikan: S-2 Hukum, S-2 Hukum dan Pembangunan, S-2 Hukum Agraria dan Pertanahan, S-2 Hukum Publik

Umum: 1 formasi

Lulusan Terbaik (Cumlaude): 1 formasi

Putra/Putri Papua: 1 formasi


B. Asisten Ahli-Dosen: 2 formasi

Kualifikasi Pendidikan: S-2 Ilmu Akuntansi

Umum: 1 formasi

Lulusan Terbaik (Cumlaude): 1 formasi


C. Asisten Ahli-Dosen: 3 formasi

Kualifikasi Pendidikan: S-2 Statistika Terapan

Umum: 3 formasi


D. Asisten Ahli-Dosen: 2 formasi

Kualifikasi Pendidikan: S-2 Manajemen Bencana, S-2 Mitigasi Bencana

Umum: 2 formasi


E. Asisten Ahli-Dosen: 3 formasi

Kualifikasi Pendidikan: S-2 Inovasi Sistem dan Teknologi, Magister Terapan Rekayasa Teknologi Informasi

Umum: 3 formasi


F. Asisten Ahli-Dosen: 3 formasi

Kualifikasi Pendidikan: S-2 Bahasa Inggris

Umum: 2 formasi

Disabilitas: 1 formasi


G. Asisten Ahli-Dosen: 2 formasi

Kualifikasi Pendidikan: S-2 Pendidikan Teknologi Informasi, S-2 Pendidikan Digital

Umum: 2 formasi


H. Asisten Ahli Dosen: 2 formasi

Kualifikasi Pendidikan: Magister Terapan Rekayasa Keselamatan dan Resiko

Umum: 2 formasi


(Baca: Ini Daftar Rincian Formasi CPNS Kejaksaan 2023)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags