Daftar Keterampilan Paling Diminati Milenial dan Gen Z Indonesia

Berdasarkan hasil survei Populix, kewirausahaan menjadi keterampilan yang paling ingin dipelajari oleh generasi milenial di Indonesia. Sementara, generasi Z di dalam negeri paling tertarik belajar retorika.

Sarnita Sadya

Jun 21, 2023 - 1:47 PM

Data

Ada berbagai keterampilan yang dianggap perlu dipelajari oleh seseorang demi meraih kesuksesan. Keterampilan tersebut biasanya disesuaikan dengan tren kebutuhan dunia kerja yang cukup dinamis.

Kendati, setiap generasi memiliki preferensi atas keterampilan yang ingin dipelajarinya. Hal itu sebagaimana tergambar dari hasil survei Populix yang dilakukan pada April 2023.

Bagi generasi milenial di Indonesia, kewirausahaan menjadi keterampilan yang paling ingin dipelajari. Ini sebagaimana dinyatakan oleh 49% dari 345 responden.

Sebanyak 45% responden juga berminat untuk mempelajari keterampilan pemasaran digital. Keterampilan retorika, analisis data, dan kemampuan berkomunikasi sama-sama diminati oleh 39% responden milenial. 

Sebanyak 30% responden tertarik untuk mempelajari keterampilan sebagai konten kreator. Sementara, responden milenila yang tertarik belajar soal kepemimpinan dan desain grafis atau perancang web sama-sama sebanyak 27%.

Di sisi lain, retorika menjadi keterampilan yang paling ingin dipelajari oleh generasi Z Indonesia. Dari 442 responden, 52% di antaranya ingin mempelajari keterampilan tersebut.

Posisinya diikuti oleh keterampilan analisis data yang ingin dipelajar oleh 44% responden. Kemudian, ada 43% responden dari generasi Z yang ingin belajar soal pemasaran digital.

Sebanyak 42% responden dari generasi Z juga ingin belajar kemampuan berkomunikasi. Kemudian, responden generasi Z yang berminat mempelajari kewirausahaan dan copywriting masing-masing sebanyak 40% dan 35%.

Ada pula 33% responden dari generasi Z yang ingin mempelajari soal manajemen waktu. Sementara, responden dari generasi tersebut yang mau belajar soal kepemimpinan dan desain grafis atau perancang web masing-masing sebesar 31%

(Baca: Ini Sederet Keterampilan Terpenting untuk Antisipasi Ancaman AI)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags