Daftar Negara dengan Band Metal Terbanyak di Asia Tenggara, Indonesia Teratas

Dilansir dari Encyclopaedia Metallum pada Rabu (29/5), Indonesia mempunyai band metal terbanyak di kawasan Asia Tenggara, yaitu mencapai 2.528 band. Jumlah itu jauh mengalahkan Malaysia di posisi kedua dengan 758 band metal.

Ridha Kusuma Perdana

29 Mei 2024 - 18.20

Data

Konser band metal Avenged Sevenfold di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta pada Sabtu (25/5) berjalan sukses dengan ribuan fan memadati area konser. Kesuksesan itu setidaknya menunjukkan popularitas genre musik metal masih memiliki tempat di Indonesia.

Dilansir dari Encyclopaedia Metallum pada Rabu (29/5), Indonesia menjadi negara dengan band metal terbanyak di kawasan Asia Tenggara, yaitu mencapai 2.528 band. Jumlah itu jauh mengalahkan Malaysia di posisi kedua dengan 758 band metal.

Kemudian, Filipina ada di posisi ketiga dengan 422 band metal. Singapura menyusul di tempat keempat dengan memiliki 399 band metal. Lalu, ada pula Thailand di posisi kelima lantaran mempunyai 271 band metal.

Sementara itu, Vietnam, Brunei Darussalam, Myanmar, Laos, Kamboja, dan Timor Leste ada di daftar selanjutnya dengan masing-masing hanya memiliki di bawah 100 band metal.

Selain memiliki jumlah band metal terbanyak di Asia Tenggara, Indonesia juga memiliki sejumlah festival musik metal terkemuka. Seperti, Hammersonic yang digelar pada awal Mei lalu dan dihadiri band metal terkenal asal Virginia, Lamb of God. Lalu ada pula festival musik metal Rock in Solo dan Jogjarockarta.

Adapun Encyclopaedia Metallum merupakan ensiklopedi daring berdasarkan artis musik yang mayoritas bergenre heavy metal dan subgenrenya, seperti trash metal, death metal, black metal, dan metalcore.

(Baca: Daftar Genre Musik Favorit Masyarakat Indonesia pada 2023)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags