Daftar Sungai Terpanjang di Dunia, Nil Urutan Pertama

Sungai Nil menjadi yang paling panjang di dunia. Sungai yang berlokasi di Afrika tersebut memiliki panjang hingga 7.088 km.

Ali Mahmudan

May 31, 2022 - 4:28 PM

Data

Sungai merupakan aliran air yang memanjang dan mengalir secara terus-menerus dari sumbernya hingga ke muara. Sungai memiliki banyak manfaat, mulai dari sumber air, pembangkit listrik, hingga lokasi wisata.

Banyak sungai di dunia yang melewati berbagai negara dengan panjang hingga ribuan kilometer (km). Lantas, mana sungai terpanjang di dunia?

Berdasarkan penelitian S. Liu dan rekan-rekannya yang dipublikasikan di International Journal of Digital Earth pada 2009, Sungai Nil menjadi yang paling panjang di dunia. Sungai yang berlokasi di Afrika tersebut memiliki panjang hingga 7.088 km.

Sungai Amazon berada di posisi kedua dengan panjang 6.575 km. Sungai ini mengalir melewati Bolivia, Brasil, Kolombia, Ekuador, Peru, Guyana, dan Venezuela.

Kemudian, Sungai Yangtze di China memiliki panjang 6.236 km. Sungai yang berasal dari Pegunungan Tanggula ini melewati 11 provinsi China, yakni Anhui, Chongqing, Hunan, Hubei, Jiangsu, Jiangzi, Qinghai, Sichuan, Shanghai, Tibet, dan Yunnan hingga bermuara di Laut China Timur.

Sungai Mississippi di Amerika memiliki panjang 6.084 km. Sungai tersebut merupakan yang terbesar kedua di Benua Merah setelah Amazon.

Lalu, Sungai Yenisei di Rusia memiliki panjang 5.816 km. Aliran sungai ini berhulu di Mongolia dan mengalir hingga ke Samudra Arktik.

Setelahnya ada Sungai Huanghe atau Sungai Kuning dengan panjang 5.778 km. Huanghe juga dikenal sebagai sungai terpanjang kedua di China setelah Yangtze.

Sungai Ob-Irtysh menempati urutan ketujuh dengan panjang 5.525 km. Sungai ini mengalir sepenuhnya di Rusia dan beku selama hampir setengah tahun karena iklim yang dingin.

Sementara, Sungai Amur berada di posisi kedelapan dengan panjang 5.498 km. Sungai ini membentuk perbatasan antara Rusia dan China.

(Baca: Ini Negara Paling Kecil di Dunia, Lebih Mini dari Monas)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags