Menurut data Companies Market Cap, Nestle menjadi perusahaan makanan dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia pada 6 Mei 2024. Nilai kapitalisasi pasar perusahaan asal Swiss tersebut mencapai US$267,39 miliar atau setara dengan Rp4.278 triliun (kurs Rp16.025/US$).
Di posisi kedua, terdapat perusahaan restoran asal Amerika Serikat, McDonald. Perusahaan yang didirikan Ray Kroc itu memiliki nilai kapitalisasi pasar mencapai US$194,9 miliar.
Selanjutnya, di posisi ketiga terdapat perusahaan Belanda-Inggris, Unilever. Perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) tersebut memiliki nilai kapitalisasi pasar US$131,29 miliar.
Kemudian, Mondelez menempati peringkat keempat dengan nilai kapitalisasi pasar US$93,74 miliar. Di posisi kelima, ada Chipotle Mexican Grill dengan nilai kapitalisasi pasar US$86,66 miliar.
Lalu, ada Hindustan Unilever dengan kapitalisasi pasar US$63,35 miliar. Selanjutnya, di posisi ketujuh dan kedelapan ditempati oleh Compass Group dan DoorDash dengan kapitalisasi pasar masing-masing US$48 miliar dan US$46,53 miliar.
(Baca: Daftar Perusahaan Pakaian Terbesar di Dunia 2023, Dipimpin LVMH)