Gen Z Jadi Generasi Paling Jarang Makan Buah dan Sayur

Menurut hasil survei Jakpat, generasi Z di Indonesia paling jarang mengonsumsi buah dan sayur. Persentasenya berada di bawah generasi X dan milenial.

Monavia Ayu Rizaty

Jun 3, 2023 - 9:00 AM

Data

Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari merupakan suatu kebiasaan yang penting bagi kesehatan. Pasalnya, buah dan sayur merupakan sumber makanan yang kaya kandungan nutrisi, seperti vitamin, mineral, zat besi, dan sebagainya.

Namun, tak semua orang menyukai buah dan sayur. Bahkan, menurut hasil survei Jakpat, generasi Z di Indonesia paling jarang mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut.

Secara rinci, ada 50,56% responden laki-laki dari generasi Z yang mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Sedangkan, persentase responden perempuan dari generasi kelahiran 1997-2012 yang mengonsumsi buah dan sayur setiap hari sebesar 49,56%.

Persentase generasi Z yang mengonsumsi buah dan sayur lebih rendah dibandingkan generasi pendahulunya. Responden dari generasi X yang mengonsumsi buah dan sayur setiap hari masing-masing sebesar 54,87% untuk laki-laki dan 59,46% bagi perempuan.

Dari generasi milenial, ada 52,68% responden laki-laki yang mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Sementara, 55,56% responden perempuan dari generasi ini makan buah dan sayur setiap hari. 

Sebagai informasi, Jakpat melakukan survei tersebut terhadap 600 responden di Indonesia pada 24 Mei 2023. Survei tersebut dilakukan secara daring melalui aplikasi milik Jakpat dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) sebesar 2,4%.

(Baca: Berapa Pengeluaran untuk Konsumsi Buah di Indonesia?)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags