Indonesia Miliki Warisan Dunia UNESCO Terbanyak di Asia Tenggara

Berdasarkan data UNESCO World Heritage Convention, Indonesia memiliki sembilan warisan dunia. Jumlah itu menjadi yang terbanyak di Asia Tenggara.

Sarnita Sadya

Sep 21, 2022 - 1:05 PM

Data

Indonesia terkenal dengan berbagai warisan budaya dan alamnya di dunia. Bahkan, warisan dunia milik Indonesia merupakan yang paling banyak diakui UNESCO di Asia Tenggara.

Berdasarkan data UNESCO World Heritage Convention, Indonesia memiliki sembilan warisan dunia. Secara rinci, warisan dunia milik Indonesia yang diakui UNESCO dibagi berdasarkan kategori budaya dan alam. 

Warisan budaya yang dimiliki Indonesia, antara lain Candi Borobudur, Candi Prambanan, Sangiran, sistem subak Bali, Ombilin Sawahlunto. Kemudian, warisan alam Indonesia adalah hutan hujan tropis Sumatera, Taman Nasional Komodo, Taman Nasional Ujung Kulon, dan Taman Nasional Lorentz.

Vietnam berada di bawah Indonesia lantaran memiliki delapan warisan dunia yang diakui UNESCO. Kemudian, Thailand dan Filipina sama-sama memiliki enam warisan dunia.

Malaysia memiliki empat warisan dunia yang diakui UNESCO. Di bawahnya terdapat Laos dan Kamboja yang sama-sama memiliki tiga warisan dunia.

Myanmar punya dua warisan dunia yang diakui UNESCO. Sedangkan, Singapura hanya memiliki satu warisan dunia.

(Baca: Warga Indonesia Paling Kenal NFT Berupa Karya Seni)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags