Jajaran Seafood Terenak di Dunia, Pempek Nomor Empat

Pempek menjadi salah satu hidangan laut atau seafood terenak di dunia versi TasteAtlas. Makanan khas Palembang itu menempati urutan keempat dengan skor 4,7 dari 5 poin.

Febriana Sulistya Pratiwi

Mar 29, 2023 - 11:22 AM

Data

Pempek menjadi salah satu hidangan laut atau seafood terenak di dunia versi TasteAtlas. Makanan khas Palembang itu menempati urutan keempat dengan skor 4,7 dari 5 poin.

Pempek merupakan makanan yang terbuat dari daging ikan giling dan tepung tapioka. Ada beragam jenis pempek yang terlihat dari perbedaan bentuk dan bahannya.

Melansir dari Tasteatlas, asal-usul pempek dikisahkan dari seorang warga Palembang tua yang bosan dengan ikan goreng atau bakar. Alhasil, dirinya berinovasi menggiling daging, mencampurnya dengan tepung tapioka, dan menggorengnya.

Posisi pempek berada di bawah gambas al ajillo asal Spanyol dan ceviche mixto dari Peru. Kendati demikian, skor yang diperoleh pempek sama dengan kedua seafood tersebut, yakni 4,7 poin.

Sedangkan, posisi pertama ditempati ameijoas a bulhao pato asal Portugal yang memperoleh skor sebesar 4,8 poin. Hidangan kerang ini dikombinasikan dengan saus yang berbahan dasar minyak zaitun, bawang putih, air lemon, dan peterseli.

Adapun, espestos asal Spanyol berada di bawah Indonesia dengan skor 4,7 poin. Begitu pula dengan sushi maguro nigiri dan otoro nigiri asal Jepang serta laimulohi dari Finlandia yang sama-sama memiliki skor 4,7 poin.

(Baca: 8 Camilan Goreng Terbaik di Dunia, Pisang Goreng Teratas)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags