Kepercayaan kepada Polri Terendah Dibanding Penegak Hukum Lain

Kepercayaan publik terhadap Kepolisian RI (Polri) menjadi yang terendah di antara keempat lembaga penegak hukum di Indonesia. Berdasarkan hasil sigi Lembaga Survei Indonesia (LSI), ada 70% responden yang percaya dengan Polri.

Shilvina Widi

Sep 1, 2022 - 6:19 PM

Data

Kepercayaan publik terhadap Kepolisian RI (Polri) menjadi yang terendah di antara keempat lembaga penegak hukum di Indonesia. Berdasarkan hasil sigi Lembaga Survei Indonesia (LSI), hanya 70% responden yang percaya dengan Polri.

Secara rinci, terdapat 7% responden yang sangat percaya dengan Korps Bhayangkara. Lalu, 61% responden menyatakan cukup percaya dengan Polri.

Sementara, responden yang kurang percaya dan tidak percaya sama sekali kepada Polri masing-masing mendapatkan 26% dan 3%. Sebanyak 2% responden menyatakan tidak tahu/tidak jawab.

Sebaliknya, Kejaksaan menjadi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Tercatat ada 7% responden sangat percaya dan 71% responden cukup percaya dengan Korps Adhyaksa.

Pengadilan berada di bawahnya dengan 77% responden yang mempercayainya. Rinciannya, ada 9% responden sangat percaya dan 68% cukup percaya kepada Pengadilan.

Lalu, kepercayaan publik terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penegakan hukum sebesar 75%. Secara rinci, 8% responden menyatakan sangat percaya dan 67% responden cukup percaya dengan komisi antirasuah tersebut.

Sebagai informasi, LSI melakukan survei kepada 1.220 responden pada 13-21 Agustus 2022. Survei ini memiliki tingkat toleransi kesalahan (margin of error) sebesar 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Imbas Kasus Sambo, Kepercayaan Publik terhadap Polri Anjlok)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags