Makin Banyak Muslim RI Minat Buka Bersama saat Ramadan 2023

Ada 83% responden muslim di Indonesia yang ingin mengadakan buka puasa bersama saat Ramadan 2023. Persentase tersebut mengalami kenaikan dibandingkan pada tahun sebelumnya yang hanya sebesar 61%.

Ridhwan Mustajab

Mar 27, 2023 - 4:25 PM

Data

Buka puasa bersama menjadi agenda yang kerap dilakukan masyarakat Indonesia ketika Ramadan. Aktivitas itu biasanya dijadikan ajang untuk mempererat tali silaturahmi antara keluarga, saudara, hingga kerabat.

Berdasarkan hasil survei Jakpat, ada 83% responden muslim di Indonesia yang ingin mengadakan buka puasa bersama saat Ramadan 2023. Persentase tersebut mengalami kenaikan dibandingkan pada tahun sebelumnya yang hanya sebesar 61%.

Naiknya minat masyarakat untuk berbuka puasa bersama seiring dengan melandainya pandemi Covid-19 dan dicabutnya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Sebelumnya, buka bersama kerap dibatalkan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Adapun, masyarakat lebih berminat untuk buka puasa bersama dengan orang terdekat, seperti keluarga dan teman dekat pada 2023. Tren ini serupa dengan tahun 2022, meski terpantau lebih meningkat.

Sebagai catatan, survei Jakpat ini dilakukan 1.034 responden muslim via aplikasi mobile pada 25-26 Februari 2023. Survei tersebut memiliki tingkat toleransi kesalahan (margin of error) di bawah 5%.

(Baca: Kapan Waktu Tercepat Mengakses Internet saat Ramadan?)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags