Mayoritas Publik Anggap Sila Kelima Pancasila Belum Terpenuhi

Menurut survei Populi Center, Pancasila dianggap belum sepenuhnya terlaksana dalam kehidupan bermasyarakat. Ini khususnya sila kelima mengenai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Febriana Sulistya Pratiwi

Jun 1, 2023 - 9:00 AM

Data

Pancasila tak hanya menjadi dasar negara, tapi juga pedoman hidup bagi masyarakat di Indonesia. Atas dasar itu, Pancasila seharusnya diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.

Meski demikian, menurut survei Populi Center, Pancasila dianggap belum sepenuhnya terlaksana dalam kehidupan bermasyarakat. Ini khususnya sila kelima mengenai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Tercatat ada 63,8% responden yang menganggap sila kelima Pancasila belum terpenuhi. Sebanyak 8,5% responden juga menganggap sila kedua Pancasila belum terpenuhi dalam kehidupan bermasyarakat. 

Kemudian, 6,3% responden menyebut sila keempat Pancasila belum terpenuhi dalam kehidupan bermasyarakat. Sementara, responden yang menganggap sila ketiga dan pertama Pancasila belum terpenuhi masing-masing sebesar 4,8% dan 4%.

Lebih lanjut, baru 22,7% responden yang mengetahui adanya Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Lembaga tersebut sebelumnya dibentuk dalam rangka menguatkan pemahaman Pancasila di tengah masyarakat.

Sebagai informasi, survei Populi Center dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan metode multistage random sampling terhadap 1.200 responden pada 4-12 Mei 2023. Tingkat toleransi kesalahan (margin of error) dalam survei ini diperkirakan sebesar ±2,83% dengan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: SMRC: Hanya 64,6% Publik Tahu Semua Sila Pancasila)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags