Mayoritas Warga RI Mudik pada Pekan Terakhir Ramadan

Berdasarkan survei Jakpat, sebagian orang lebih memilih mudik pada beberapa pekan sebelum Lebaran. Namun, sebagian lainnya memilih mudik bertepatan atau setelah momen hari raya tersebut.

Febriana Sulistya Pratiwi

Mar 29, 2023 - 2:41 PM

Data

Mudik telah menjadi bagian tak terpisahkan bagi umat muslim di Indonesia saat Lebaran. Tradisi itu biasanya dilakukan untuk bisa bersilaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara di kampung halaman.

Berdasarkan hasil survei Jakpat, ada 48% responden yang berencana untuk mudik saat Lebaran 2023. Persentase itu naik 10% poin dibandingkan pada tahun sebelumnya. 

Waktu mudik umat muslim di Indonesia berbeda-beda. Ada sebagian orang yang lebih memilih mudik pada beberapa pekan sebelum Lebaran. Namun, sebagian lainnya memilih mudik bertepatan atau setelah momen hari raya tersebut.

Secara rinci, ada 5% responden yang memilih musik sebelum Ramadan. Pada pekan pertama dan kedua Ramadan, responden yang berencana mudik masing-masing sebesar 3% dan 4%.

Responden yang berencana mudik mulai meningkat pada pekan ketiga Ramadan. Ketika itu, ada 13% responden yang menjadwalkan pergi ke kampung halamannya masing-masing.

Puncaknya terjadi pada pekan keempat Ramadan. Tercatat ada 35% responden yang berencana mudik pada pekan terakhir sebelum Lebaran berlangsung.

Sebanyak 16% responden berencana mudik tepat saat momen Lebaran. Sementara, 24% responden menjadwalkan mudik beberapa hari setelah Lebaran berlangsung.

Sebagai informasi, survei Jakpat diadakan secara online terhadap 1.034 responden muslim di Indonesia pada 25-26 Februari 2023. Adapun, tingkat kesalahan (margin of error) dalam survei ini sebesar 5%.

(Baca: Pemudik Lebaran 2023 Diproyeksi Naik Jadi 123,8 Juta Orang)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags