Berdasarkan data Brandirectory, Amazon menjadi perusahaan dengan merek paling bernilai di dunia pada 2023. Nilai merek (brand value) perusahaan yang didirikan Jeff Bezos tersebut mencapai US$299,28 miliar.
Nilai merek Amazon mengalami penurunan 14,56% dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai US$350,27 miliar. Kendati, Amazon tetap berhasil merebut posisi puncak setelah tahun lalu berada di peringkat kedua.
Posisinya diikuti Apple dengan nilai merek sebesar US$297,51 miliar. Setelahnya ada Google yang memiliki nilai merek sebesar US$281,38 miliar.
Microsoft berada di urutan keempat dengan nilai merek sebesar US$191,57 miliar. Kemudian, nilai merek dari perusahaan ritel multinasional Walmart sebesar US$113,78 miliar.
Ada pula Samsung Group yang mencatatkan nilai merek sebesar US$99,66 miliar. Perusahaan China yang bergerak di sektor perbankan, ICBC memiliki nilai merek sebesar US$69,55 miliar.
Sementara, Verizon berada di urutan kedelapan dalam daftar ini. Perushaaan telekomunikasi asal Amerika Serikat tersebut mencatatkan nilai merek sebesar US$67,44 miliar.
(Baca: Ini 8 Perusahaan Terbesar di Dunia Versi Forbes pada 2023)