SMRC: Mayoritas Publik Ingin Capres yang Jujur

Berdasarkan hasil survei SMRC, sifat yang dianggap paling penting dimiliki oleh seorang capres adalah jujur. Ini sebagaimana disampaikan oleh 40,7% responden.

Febriana Sulistya Pratiwi

May 16, 2023 - 11:17 AM

Data

Ada sejumlah pertimbangan bagi masyarakat dalam memilih seorang calon presiden (capres) dalam Pilpres 2024. Salah satunya adalah sifat kepemimpinan yang dimiliki tiap-tiap capres.

Berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), sifat yang dianggap paling penting dimiliki oleh seorang capres adalah jujur. Ini sebagaimana disampaikan oleh 40,7% responden.

Sebanyak 29,3% responden menginginkan capres yang memiliki sifat perhatian kepada rakyatnya. Kemudian, 12,6% responden yang menganggap capres harus memiliki sifat tegas.

Ada pula 12,2% responden menganggap capres harus taat kepada agama. Sementara, 3,7% responden lainnya memandang bahwa capres harus pintar.

Sebagai informasi, SMRC melakukan survei melalui wawancara tatap muka terhadap 1.020 responden di Indonesia dengan metode multistage random sampling pada 30 April-7 Mei 2023. Survei ini memiliki tingkat toleransi kesalahan (margin of error) sekitar ±3,1% dengan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: (Laporan) Menggaet Potensi Anak Muda dalam Pusaran Pemilu 2024)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags