Survei: Mayoritas Masyarakat Indonesia Anggap Dirinya Religius

Berdasarkan hasil survei LSI, tingkat religiusitas atau kesalehan masyarakat Indonesia cukup tinggi. Hal itu sebagaimana tergambar dari 74,8% warga yang menilai dirinya religius dalam kehidupan sehari-hari.

Febriana Sulistya Pratiwi

May 5, 2023 - 11:24 AM

Data

Berdasarkan hasil sigi Lembaga Survei Indonesia (LSI), mayoritas tingkat religiusitas atau kesalehan masyarakat Indonesia cukup tinggi. Hal itu sebagaimana tergambar dari 74,8% warga yang menilai dirinya religius dalam kehidupan sehari-hari.

Secara rinci, ada 68,1% responden yang menyatakan dirinya cukup religius atau saleh. Sebanyak 6,7% responden bahkan merasa dirinya sangat religius.

Sementara, ada 21,8% responden yang menyatakan tingkat religiusitas pribadinya kurang. Sebanyak 2,2% responden menyatakan tidak religius sama sekali. Sisanya sebanyak 1,1% responden tidak tahu atau tidak menjawab.

Seiring dengan tingkat religiusitas yang tinggi, mayoritas masyarakat Indonesia juga kerap mempertimbangkan nilai agama ketika membuat keputusan penting dalam hidup. Ini sebagaimana disampaikan oleh 81,7% responden.

Sementara, 15,6% responden menyatakan jarang melakukan hal tersebut. Hanya 1,8% responden yang tidak pernah mempetimbangkan nilai agama saat membuat keputusan penting dalam hidup.

Sebagai informasi, LSI melakukan survei melalui wawancara langsung terhadap 3.090 responden di Indonesia dengan metode multistage random sampling pada 16-29 Mei 2022. Survei ini memiliki tingkat toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,5% dengan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Survei: Mayoritas Muslim Indonesia Merasa Semakin Religius)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags