Survei Populi: Prabowo Capres Paling Tegas, Ganjar Ramah

Berdasarkan survei Populi Center, dari tiga kandidat capres terkuat, Prabowo Subianto dianggap paling tegas dan berwibawa. Sedangkan, Ganjar Pranowo dianggap sebagai kandidat capres paling ramah dan keren.

Febriana Sulistya Pratiwi

May 30, 2023 - 11:25 AM

Data

Karakter menjadi salah satu pertimbangan bagi masyarakat dalam memilih calon presiden (capres) dalam Pilpres 2024. Beberapa karakter capres yang kerap menjadi sorotan adalah tegas, berwibawa, ramah, keren/kekinian, toleran, dan agamis.

Berdasarkan survei Populi Center, dari tiga kandidat capres terkuat, Prabowo Subianto dianggap paling tegas, sebagaimana disampaikan oleh 58,4% responden. Menteri Pertahanan itu juga dianggap 51% responden sebagai capres yang paling berwibawa.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dianggap memiliki sifat paling ramah di antara kandidat capres lainnya. Hal itu seperti disampaikan oleh 48,3% responden.

Selain itu, 39,8% responden menganggap Ganjar sebagai kandidat capres yang paling keren atau kekinian. Sebanyak 38,4% responden turut menilai Ganjar sebagai kandidat capres paling toleran atau menghargai perbedaan.

Sementara, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dianggap sebagai kandidat capres yang paling agamis. Hal itu sebagaimana dinyatakan oleh 34,8% responden.

Adapun, menurut hasil survei Populi Center, Prabowo menjadi kandidat capres dengan elektabilitas paling tinggi jika pilpres dilakukan saat ini. Prabowo berhasil meraih dukungan dari 22,8% responden dalam simulasi terbuka.

Posisinya diikuti Ganjar dengan elektabilitas sebesar 21,2%. Sementara, Anies menyusul di urutan ketiga dengan elektabilitas sebesar 13,5%.

Sebagai informasi, survei Populi Center dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan metode multistage random sampling terhadap 1.200 responden pada 4-12 Mei 2023. Tingkat toleransi kesalahan (margin of error) dalam survei ini diperkirakan sebesar ±2,83% dengan tingkat kepercayaan 95%.

(Baca: Survei Populi: Salip Ganjar, Prabowo Pimpin Elektabilitas Capres)

Bagikan Artikel
Terpopuler
Tags