Indonesia menjadi salah satu negara yang masyarakatnya paling percaya terhadap media pada 2023. Menurut laporan Edelman Trust Barometer, tingkat kepercayaan terhadap media di Indonesia sebesar 72% pada tahun ini.
Persentase itu hanya berada satu posisi di bawah China yang memiliki tingkat kepercayaan terhadap media sebesar 79% Sedangkan, Thailand berada di bawah Indonesia dengan tingkat kepercayaan terhadap media sebesar 67%.
Sebanyak 63% responden di Kenya juga menyatakan percaya dengan media. Kemudian, tingkat kepercayaan terhadap media di India dan Uni Emirat Arab sama-sama sebesar 62%.
Ada pula 60% responden di Arab Saudi yang menyatakan percaya kepada media. Sementara, tingkat kepercayaan terhadap media di Singapura sebesar 59% pada tahun ini.
Secara global, tingkat kepercayaan terhadap media sebesar 50% pada 2023. Persentase tersebut turun 1% poin dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebesar 51%.
Sebagai informasi, Edelman melakukan survei ini terhadap lebih dari 32.000 responden di 28 negara. Survei tersebut dilakukan secara daring pada 1-28 November 2022.
(Baca: Media Digital Semakin Mendominasi di Indonesia pada Awal 2023)